Kamis, 17 Maret 2011

Keluarga TKI di Jepang Cemaskan Radiasi Nuklir

Rabu, 16 Maret 2011 14:28
Polewali Mandar, Sulbar, BNP2TKI (16/3) - Selamat dari amukan gempa dan tsunami Jepang, bukan berarti sejumlah keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jepang, asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) tenang. Mereka kini dikhawatirkan dengan radiasi nuklir yang berbahaya.
Salah satunya seperti yang dirasakan Keluarga Hadawiyah dan suaminya Syarifuddin, warga Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Polman. Keluarga ini mengaku setiap hari tidak pernah beranjak dari layar televisi memantau perkembangan informasi bencana alam yang meluluhlantakkan Jepang. Hal itu dilakukan karena anak sulungnya, Mufni yang kini bekerja sebagai TKI di Negeri Matahari Terbit tersebut yang kini sedang dilanda masalah radiasi nuklir pascabencana gempa bumi dan tsunami.
Jaringan telekomunikasi pascagempa dan tsunami, sudah berfungsi normal. Namun kecemasan Hadawiyah tak bisa dihindari lantaran tempat anaknya bekerja di perusahaan pengalengan ikan di wilayah Wakayama, Osaka, Jepang, berada tepat di pinggir pantai dan dinyatakan termasuk zona merah. Ibunda Mufni tak kuasa menahan tangis terutama saat melihat dahsyatnya terjangan tsunami.
Kendati di Osaka tercatat 1.214 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di situ dan belum ada laporan adanya WNI yang hilang akibat bencana alam tersebut, keluarga Syarifuddin masih belum bisa tenang sebelum bertemu sang anak langsung. Padahal, Mufni dan pihak keluarganya sudah bisa berkomunikasi via telepon seluler.
Keluarga Syarifuddin bersama istri dan anak-anaknya hanya bisa berdoa agar Mufni yang menjadi pahlawan keluarga, dapat segera kembali ke Indonesia dengan selamat. Mereka berharap pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang bisa segera memulangkan anaknya sementara ke Indonesia hingga kondisi Jepang kembali normal. Pasalnya, kini Mufni tidak memiliki lagi tempat tinggal setelah pabrik dan asrama perusahaan tempatnya bekerja hancur dihantam gempa dan tsunami Jumat (11/3) silam. (ARW)
subber: BNP2TKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cbox