Jumat, 21 Desember 2012

Inilah Negara Sahabat Indonesia Paling Kecil

                                                                                 Kepulauan Marshall
REPUBLIKA.CO.ID, Dari puluhan negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, Kepulauan Marshall jadi salah satu negara sahabat dengan ukuran negara paling mungil. Kepulauan Marshall hanya memiliki luas 161 kilometer persegi.
Luas ini masih harus dibagi ke dalam gugusan pulau terpisah. Jika ditotal, luas keseluruhan wilayah negara Kepualan Marshall sama dengan luas Kotamadya Jakarta Selatan.
Kendati ukurannya mungil, Marshall Island punya banyak kemiripan dengan Indonesia. Kemiripan yang paling kasat mata adalah wajah masyarakat kepulauan Masrshall yang sangat identik dengan wajah masyarakat Indonesia. Maklum, Indonesia dan kepulauan Marshall sama-sama memiliki darah mikronetik (mikronesia).
Kepualan Marshall memiliki kantor perwakilan di Jakarta. Sebaliknya, Indonesia juga memiliki Duta Besar di kepualauan Marshall. Jabatan Duta besar Indonesia untuk kepualan Marshall dirangkap oleh Duta besar Indonesia yang bertugas di Filipina.
Sekalipun termasuk negara mungil, namun Kepualauan yang berada di Samudera Pasifik ini punya sejarah spesial saat perang Dunia II. Karena di wilayah inilah bom atom diuji coba.
Penduduk Kepulauan Marshall hanya sekitar 75 ribu jiwa. Kendati penduduknya sedikit, Kepulauan Marshall mampu tampil sebagai negara berkembang di dunia. Sebab, wilayah itu sangat laris menjadi tujuan wisata turis asing. Walhasil, sektor Pariwisata jadi penyumbang devisa terbesar bagi negara itu.
Redaktur: Abdullah Sammy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cbox