Sabtu, 06 November 2010

Kali Gendol Tak Berfungsi Tertutup Material Vulkanik

Breaking News / Nusantara / Sabtu, 6 November 2010 16:24 WIB

Metrotvnews.com, Sleman: Hujan lebat yang terus menguyur wilayah Yogyakarta, menyebabkan banjir di sejumlah aliran sungai yang berhulu Gunung Merapi. Satu di antaranya adalah Kali Gendol. Akibat menumpuknya abu material vulkanik Merapi, menyebabkan Kali Gendol disfungsi.

Pemantauan Metro TV di Kali Gendol, Sabtu (6/11), lahar dingin bercampur material vulkanik menutupi kali tersebut. Sedangkan di jembatan di atas kali tersebut masih terlihat kepulan dari pasir vulkanik yang masih panas.

Selain lahar dan material vulkanik, kali yang menghubungkan dua desa di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, itu juga dipenuhi batang-batang pohon serta batu-batu cukup besar. Hampir dipastikan butuh tenaga banyak dan waktu untuk membersihkan jalanan di sepanjang Kali Gendol. Jalan itu sangat dibutuhkan untuk mengevakuasi korban.

Sementara itu, meski masih bisa mengalirkan air, Kali Code mengalami pendangkalan akibat banyaknya guguran material vulkanik Merapi. Air kali yang mengalir dan melintasi Kota Yogyakarta, nyaris mendekati tanggul sungai. Akibatnya banyak saluran pembuangan MCK milik warga tesumbat.(DSY)
Sumber:metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cbox